Pernah kah kau merasa gagal? gagal dalam bidang apa aja. Pendidikan, pekerjaan, asmara, atau bahkan keluarga? apa yang kamu rasakan waktu perasaan gagal itu timbul? marah, benci, ingin teriak atau bahkan terlintas ingin bunuh diri?

Dalam ilmu psikologi, kegagalan timbul karena adanya tuntutan yang tinggi, baik dari diri diri sendiri atau bahkan  dari lingkungan. tuntutan yang tinggi dan  rasa was – was takut tidak bisa memenuhi harapan orang lain, mengakibatkan rasa khawatir yang bahkan bisa mengakibatkan kegagalan itu sendiri makin cepat timbul.rasa takut gagal ini juga timbul karena kadang kita tidak ingin mengecewakan orang yang kita sayangi.rasa ingin membahagiakan orang lainlah yang bisa mendorong kita untuk gigih memperjuangkan apa yang ingin kita capai.  Senyum di bibirnya, tawa yang terkembang memaksa andrenalin kita terpacu lebih kencang dan berusaha untuk tidak gagal.. kegagalan itu kadang menyakitkan, walau kadang bisa membuat kita belajar tentang pengalaman hidup dan membuat kita makin dewasa. tak selamanya orang bisa meraih apa yang diinginkan. kadang kita harus berkali – kali gagal sebelum memiliki apa yang kita mau.

tak ada yang salah dengan kegagalan. yang salah adalah bagaimana kita menyikapi kegagalan itu sendiri. kalau memang beban di hati sudah tak tertahan, keluarkan saja. teriak yang kencang, keluarkan air mata, jangan pernah takut dibilang sperti anak kecil karena dengan mengeluarkan beban di hati, kamu akan lebih tenang dan bisa berfikir positif untuk kemudian mengambil langkah – langkah selanjutnya.

Yang terpenting dari kegagalan itu adalah :

1.  Kita bisa mengambil pelajaran positif yang kedepannya jangan sampai terulang.

2.  Jadikan kegagalan itu sebagai pemacu untuk melangkah lebih maju untuk berusaha lebih keras dan cerdas

3.  Jadikan kegagalan itu sebagai proses pembelajaran dan pendewasaan diri. tanpa kegagalan kita tak akan pernah tahu sampai sebatas mana kemampuan dan kekurangan kita.

4.  Tetap berfikir positif dan menjauhkan diri dari niat negatif, bunuh diri misalnya. hidup cuma sekali, terlalu murah harga yang harus kita bayar hanya gara-gara gagal lalu bunuh diri. masih banyak tugas kita sebagai manusia yang harus dilakukan sebelum ajal menjemput.

5.  Sayangi keluarga kita. karena dengan selalu mengingat mereka kita akan kuat. toh keluarga tidak akan membunuh kita hanya karena kita gagal. tangan dan senyum mereka akan selalu terkembang meski kita gagal. percayalah, keluarga yang harmonis merupakan salah satu kunci keberhasilan.

6.  Jadikan kegagalan sebagai pemacu untuk meraih yang terbaik. usaha dan doa, itu kunci untuk sukses.

Salam cinta untuk orang – orang yang pernah gagal. Mari kita saling bergandeng tangan untuk jadi lebih baik dari hari ke hari. jangan lepaskan genggaman tangan ini karena hanya dengan cinta kita bisa  selalu bersatu dan meraih yang terbaik.. 🙂

Jangan sia-siakan hidup ini. Percayalah, ada seseorang yang akan setia menemanimu dalam suka dan duka.. dia tak akan menghakimimu, tapi dia akan menemanimu untuk meraih kesuksesan dengan cinta dan kasih sayangnya…:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: