januari-542
Para narasumber dan ambassador Sunco

                  Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Di Indonesia penyakit jantung koroner menempati urutan ke-1 dari seluruh penyakit dengan jumlah kematian terbanyak. Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa penderita jantung di Indonesia kian hari kian meningkat, walau pun tingkat ekonomi masyarakat semakin meningkat. Belum lagi penyakit lainhya seperti stroke, diabetes, dll. Dari jumlah ini bisa dianalisa bahwa kesehatan memang mudah didapat namun tidak mudah jika tidak diimbangi dengan pengetahuan dan komitmen untuk menjalani hidup sehat. Sehat fisik tentu sangat penting mengingat semua aktivitas tidak akan bisa dilakukan tanpa fisik yang sehat. Kemenkes sendiri sudah melakukan program edukasi gaya hidup sehat pada masyarakat, baik melalui seminar, workshop atau media, baik televisi, radio maupun media sosial. Jumlah penderita jantung dan penyakit degeneratif lainnya sebetulnya bisa dicegah jika tahu kuncinya, yaitu SEHAT BERAWAL DARI RUMAH.

Dr.Entos Zainal DCN, SP, MPHM, Sekretaris Jenderal PERSAGI, dalam seminar memperingati Hari Gizi Nasional bersama Sunco memaparkan bahwa, dampak kurang gizi di awal kehidupan ternyata berpengaruh terhadap kualitas SDM. Gagal tumbuh (pendek, kurus, berat lahir rendah), pertumbuhan otak dan sel syaraf yang terhambat. Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, otak memerlukan zat gizi makro (energi, protein, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin, mineral). Dan untuk melakukan aktivitas, tentu kita memerlukan sumber energi yang berasal dari tiga sumber, yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Lemak sendiri ada dua jenis, yaitu lemak nabati dan lemak hewani.

januari-527
Dr Entos sedang memaparkan materi

Ibu Theresia Irawati, selaku Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dari Kemenkes mengatakan bahwa bagaimana gaya hidup kita sangat berpengaruh pada kesehatan keluarga. Kementerian Kesehatan meluncurkan GERMAS – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yaitu sebuah gerakan untuk mengubah pola pikir dna kebiasaan masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengontrol asupan gula, garam dan lemak setiap harinya. Karena ternyata dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, sudah terjadi perubahan pola penyakit terkait dengan pola manusia. Penyakit menular makin berkembang antara lain infeksi saluran pernafasan atas, Tuberkolusis dan diare. Sedangkan penyakit tidak menular antara lain tekanan darah tinggi, stroke, jantung, kanker dan kencing manis. Menurut Permenkes No.30 Tahun 2013 batas konsumsi gula, garam dan lemak :

*Gula  : 50 gram/orang/hari ( 4 sendok makan)

*Garam   : 2000 mgr Natrium/Sodium atau 5 gram garam (1 sendok makan)

* Lemak   : 67 gram (5 sendok makan minyak)

Karena itulah, Kementerian Kesehatan RI melalui GERMAS mengimbau masyarakat untuk mencegah penyakit tidak menular dengan mengubah pola gaya hidup tidak sehat menjadi sehat.  Brand Ambassador Sunco, Mas Christian Sugiono pun menjelaskan pengalamannya menggunakan Sunco Minyak Goreng Baik Dikit Nempel Di Makanan. Beliau dan Istri, Mbak Titi Kamal sangat antusias turun ke dapur dan memasak sendiri karena yakin dengan kualitas Sunco.

januari-551
Sesi wawancara dengan Brand Ambassador Sunco

Memasak itu, Keren.

Berapa banyak orang-utamanya perempuan- yang masih suka memasak? Jangankan wanita karir yang berangkat pagi pulang malam, ibu rumah tangga yang sehari-hari dirumah pun kini makin banyak yang tidak suka memasak. Malas, lebih boros, rumah jadi kotor, repot mengurus anak, sibuk berdagang, adalah beberapa alasan yang dikemukakan perempuan. Menjamurnya restoran siap saji di mall semakin melegitimasi alasan demi alasan pembenaran. Bahkan yang parahnya, keluarga diberi makanan pinggir jalan atau mie instan, dengan alasan, praktis. Padahal, siapa yang bisa menjamin bahwa masakan yang kita beli dimasak dengan higienis, mulai dari proses pemilihan bahan, proses memasak hingga penyajiannya? Siapa yang menjamin bahwa bahan-bahan yang digunakan-terutama minyak goreng- adalah bahan yang berkualitas? Tak terhitung kasus yang mencuat ke permukaan akibat keracunan makanan dan pemakaian bahan berbahaya. Karena itu, demi kesehatan keluarga sudah saatnya kita menggaungkan kembali program ‘Kembali Ke Dapur” agar tercipta makanan sehat dari tangan para ibu.

januari-505
Minyak Goreng Sunco

Kembali ke dapur bisa dimulai dengan cara yang sederhana sebenarnya. Misal, membuat menu mingguan untuk keluarga. Proses pemilihan bahan makanan hingga memasaknya dapat kita kontrol dengan memilih yang terbaik. Namun, satu hal yang sering dilupakan orang, bahwa sebenarnya rumah pun bisa menjadi The Silent Killer, pembunuh diam-diam. Loh, kok bisa begitu? Apa dasarnya? Jelas ada dan berdasarkan hasil survey, oran selalu memilih bahan masakan seperti sayuran, daging, ikan, ayam dan bahan lainnya dengan kualitas super. Namun lupa memilih minyak goreng yang terbaik, minyak goreng yang memenuhi standar kesehatan. Selama ini beredar anggapan yang keliru kalau minyak itu masih bisa dipakai selama 3x.

 3 Tanda Minyak Goreng Baik  :

  1. Karakternya seperti air dan sedikit menempel di makanan
  • Tidak lekat dan tidak berlebih di makanan, sehingga makan lebih nyaman dan tidak gatal di tenggorokan.
  1. Tidak Mudah Beku
  • Minyak yang tidak mudah beku mengindikaasikan bahwa kandungan minyak jenuhnya rrendah ehingga meminimalisir lemak jahat
  1. Bening
  • Kebeningan minyak berasal dari buah kelapa sawit segar. Warna bening adalah tanda minyak tidak teroksidasi sehingga bisa mencegah kanker.
januari-565
Demo masak sehat bersama koki dan brand Ambassador Sunco, Christian Sugiono

Sunco Minyak Goreng Baik Dikit Nempel Di Makanan sadar dan memahami bahwa kesehatan masyarakat adalah yang utama. Karena itu bagi masyarakat yang ingi mengubah pola hidup sehat, hal yang pertama kali dilakukan adalah kembali ke dapur dengan memilih #MinyakGorengBaik dan #dikitnempel di makanan. Untuk info lebih jelas silakan kunjungi :

Website   : www.minyakgorengsunco.com & www.resepsehat.com.

Fanpage  : Sunco Indonesia – https://www.facebook.com/SuncoIndonesia.

januari-507
Blogger siap mendukung GERMAS dengan memilih Sunco

Salam sehat untuk kita semua 🙂

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: