EJ

Rabu, 06 Januari 2016 menjadi hari pembuka dimulainya pergerakan Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI) di awal tahun. Bertempat di APL TOWER Jl. S.Parman Jakarta Barat, KOPI bersama dengan El Jhon kembali mengadakan pertemuan kedua. Lebih kurang 30 blogger dan jurnalis online memenuhi undangan Pak Jhonnie Sugiarto selaku pemilik El Jhon. Pertemuan kedua setelah deklarasi KOPI tahun lalu semakin membuktikan bahwa sinergi apik selalu tercipta untuk blogger, jurnalis dan pariwisata.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata tahun ini menggalaKkan Country Branding, yaitu gerakan untuk mengabarkan hal apapun yang baik pada dunia demi menampilkan citra positif. Hal positif ini tentu berpengaruh pada kenaikan jumlah wisatawan yang signifikan dan citra negara di mata Internasional. Dan tahun 2016 ini diharapkan semakin banyak orang tahu tentang wisata kelautan atau Marine Tourism.

Karena itulah El Jhon sebagai perusahaan yang sudah malang melintang di dunia pariwisata sangat concern dengan program pemerintah ini.  Memang tidak mudah mengubah mind set orang bahwa Indonesia adalah negara yang indah dan aman, surga bagi para pelancong. Mensinergikan bahasa yang sama sebagai corong keluar tentu sangat perlu konsistensi yang kuat. Pak Jhonnie Sugiarto selaku Direktur El Jhon melalui Puteri Pariwisata terus berjalan mengabarkan hal yang positif pada dunia luar tentang pariwisata Indonesia.

EJ3

Selama ini El Jhon selalu mandiri dalam melakukan promosi. Belum ada campur tangan pemerintah sama sekali ketika El Jhon mengirimkan delegasinya keluar negeri. Karena itu pada tahun ini El Jhon sangat berharap pemerintah berkenan mengirimkan utusan kementerian Pariwisata untuk duduk bersama-sama membahas masa depan dunia pariwisata melalui pengiriman duta Puteri Pariwisata-nya.

2016 pemerintah mulai membebaskan visa kunjungan karena ingin menjadi “number of incoming tourism”. Kesempatan Indonesia untuk berjaya di dunia pariwisata sangat besar. 17.405 pulau dengan beragam bahasa dan kekayaan alam sangat mendukung ekosistem turis di Indonesia. Perlu konsistensi dan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat dan lembaga terkait.

Sebagai bentuk kepedulian El Jhon kali ini menghadiri pertemuan dengan tiga orang puteri. Delvia Wirajaya (Miss Tourism Queen of The Year International 2014), Ivhanrel Sumerah (Worlf Miss University Indonesia 2015) dan Cordella Fidelia (Miss Earth Indonesia Water 2015). Puteri yang cantik dan smart ini turut berpartisipasi pada sesi wicara, salah satunya Miss Cordella. Masih berusia 21 tahun dankuliah di jurusan jurnalistik, Cordella mengutarakan bahwa perubahan itu datangnya dari diri sendiri. Kebersihan lingkungan dan kepedulian pada sekitar harus dimulai dari hal yang kecil namun akhirnya membawa impact yang besar.

Country Branding diharapkan dapat memperbaiki citra positif Indonesia di mata dunia. Karena itu pemerintah melalui Menteri Pariwisata, Bapak Arief Yahya sangat berharap para blogger, jurnalis dan warga lainnya dapat mengabarkan nilai-nilai positif Indonesia dimata dunia. ElJhon pun sebagaimana dikatakan Pak Jhonnie Sugiarto akan tetap konsisten mengirimkan para Puteri Pariwisatanya keluar negeri sebagai bentuk cinta pada negara dan budaya Indonesia. Karena itu Pak Jhonnie berharap ada sinergi positif yang bisa dikembangkan oleh berbagai elemen di Indonesia demi meningkatnya jumlah kunjungan yang signifikan.

EJ2

Dan KOPI sebagai koalisi blogger dan jurnalis online tentu akan tetap berpartisipasi dan ikut mengawal pemerintah untuk terus mengabarkan  berita-berita positif tentang pariwisata demi meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: