DSCN2404

“Kita tidak dapat menyusun NEGARA dan tidak dapat menyusun MASYARAKAT, jika (antara lain-lain masalah) kita tidak mengerti masalah WANITA” – Dr.Ir. Soekarno, dalam buku Sarinah)”

Pemimpin yang baik adalah yang dapat menghargai wanita. Ketika seorang wanita mendapat penghormatan sebagaimana mestinya, maka urusan diluar rumah akan berjalan dengan baik. Hal inilah yang ingin ditunjukkan oleh Presiden Soekarno melalui pembangunan pusat perbelanjaan mewah pada tanggal 17 Agustus 1962 bernama SARINAH. Penghargaan yang begitu tinggi beliau berikan pada pengasuhnya tersebut.

DSCN2286Koalisi Online Pesona Indonesia kali ini mendapat undangan menghadiri makan siang dan mengenal sejarah Sarinah secara langsung dari Direktur Utama Sarinah, Ibu Ira Puspa Dewi. Bertempat di Resto Ruang Tengah, pada bagian sayap kanan mall Sarinah, KOPI bertemu dengan dua dari tiga Dirut Sarinah, Ibu Ira Puspa Dewi dan Ibu Wati. Ramah tamah sejenak acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari Ibu Ira.

DSCN2283

Ada hal yang menarik dari penjelasan Ibu Ira. Ternyata sejak dulu Sarinah selalu dipimpin oleh direktur wanita. Menurut bu Ira, wanita selalu memiliki kelebihan ketika memimpin, yaitu menyebarkan semangat berbagi. Hal inilah yang ingin diusung oleh Sarinah dalam setiap perkembangannya. Mengusung nilai-nilai lokal Nusantara, Sarinah menggandeng produk dari UKM dan merk dalam negeri. Semangat berbagi inilah yang selalu menjadi tradisi nafas Sarinah dalam sejarah pertumbuhannya. Mengajak pengusaha lokal untuk menaikkan branding melalui Sarinah ternyata membawa pengaruh yang sangat besar, baik bagi Sarinah, UKM maupun turis (lokal dan mancanegara).

DSCN2350

Semua produk dengan citarasa lokal ada di Sarinah. Ingin produk perawatan kecantikan, ada merk Bali Tang, Bali Alus, Balinesse Spa & Aroma Therapy, dan Moksa. Ingin mencicipi coklat beraroma kopi dari berbagai daerah di Indonesia? Sarinah punya Piplitin Cocoa, caffe khusus yang menghadirkan aneka jenis coklat dalam negeri. Ada Almond Brittle, Dark Chocolate, White Chocolate,  bahkan olahan kue dari coklat juga ada loh, seperti Matcha Cake dan Truffle Cake.

DSCN2380

Bahkan produk fashion merk terkenal pun ternyata buatan lokal dengan merk yang sudah mendunia. Aneka batik juga tersedia, mulai dari kemeja, blus, baju anak, sarung bantal, sprei hingga pernak-pernik bernuasa batik. Jenisnya pun beraneka ragam, ada batik Pekalongan, batik Cirebon, dll. Suka dengan kain songket dari Jambi, Palembang, dan daerah lainnya? Tenang, Sarinah sudah menyediakan booth khusus untuk kerajinan kain songket, tas, sandal, dan cinderamata lainnya yang terbuat dari kain songket atau anyaman.

DSCN2392

Sarinah sebagai ikon Jakarta dan Indonesia dengan sejarah panjang pembangunanannya sudah pantas mendapat dukungan dari kita. Dukung UKM dengan promosi dan menjual produk-produk hasil dalam negeri. Nilai sejarah dibalik Sarinah dan nama besar Presiden Soekarno akan tetap abadi. Maju terus Sarinah, jadilah kebanggaan bangsa ini tanpa pamrih. Namamu akan selalu ada dalam catatan sejarah dan hati rakyat negeri ini.

Salam KOPI 😉

 

2 thoughts on “[Liputan] SARINAH : Produk Lokal Citarasa Dunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: