2 batas waktu

Apakah ada Tuhan? Dimana Allah itu berada? Percayakah Anda pada dunia lain selain dunia manusia? Bagaimana perjalanan spiritual seseorang untuk memahami Tuhan-nya hingga akhirnya di cap gila oleh orang di sekitarnya?

Saya acungkan jempol untuk film 2 Batas Waktu produksi 7rumahproduksi. Keberanian produser dan sutradara untuk mengangkat tema sensitif ini. Bukan hal yang mudah mengangkat isu keagamaan di Indonesia karena masyarakat cenderung mudah tersentak oleh hal-hal prinsip. Keberanian produser membiayai film dengan isu sensitif seperti bukan hal yang mudah dan tanpa tujuan baik. Kejelian produser mencari tema sebuah film menjelang bulan Ramadhan ini, bisa menjadi barometer kualitas sebuah rumah produksi. Film bergenre drama religi ini mengangkat perjalanan spiritual seorang mahasiswa sekaligus ibu satu anak, Tiara. Sutradara Andre Murtono dan Rudiansyah juga bisa menerjemahkan skenario ke dalam film dengan apik.

Adalah Tiara, seorang mahasiswi sebuah perguruan tinggi yang menjalani kehidupan layaknya mahasiswa lainnya. Namun, hidupnya mulai terasa tidak normal ketika mulai terdengar bisikan-bisikan yang membangunkannya di tengah malam untuk sholat Tahajud. Bisikan-bisikan yang semakin sering terdengar makin mengganggu. Puncaknya, sebuah kejadian dimana Tiara makan melebihi ukuran normal yang membuat teman-temannya kaget. Disinilah kekacauan mulai terjadi.

2 batas

Hingga akhirnya Tiara mengalami perjalanan dimensional ke alam lain. Apa yang dilihat dan dialaminya ketika menembus batas alam lain? Apa sebenarnya amanah yang disampaikan Nabi Isa Al Masih pada Tiara? Mengapa orang – orang menganggap Tiara gila ketika menyampaikan pesan Nabi Isa tersebut? Point 8 untuk arrangement musik film ini, alunan musiknya sesuai dengan tema film.

Akting pemain Irish Bella, Sandra Olga, Mehdi Zati, Cok Simbara dan Ustadz M. Ibnu Quraisy turut mempertajam cerita dengan ekspresi dan pendalaman yang sangat baik. Saya sempat menangis ketika melihat adegan Tiara menangis sambil berkata, ” Nabi Muhammad ingin menolong umatnya. Namun, bagaimana dia bisa menolong jika umatnya tidak sayang dan mencintainya?”. Makjleebb, airmata saya langsung banjir…

Film ini harus Anda tonton karena begitu banyak pelajaran terkait agama, dimensi dunia lain, dan proses pencarian jatidiri manusia mencari Tuhan-nya. Bagaimana memaknai setiap kejadian yang terjadi diluar akal sehat manusia? Apa sebenarnya pesan yang ingin disampaikan Allah pada umat-Nya melalui kejadian-kejadian di luar batas alam manusia? Apakh benar teori dimensional mampu membuat kita memahami agama dan keberadaannya?

 

Film ini mulai tayang di jaringan bioskop 21 tanggal 26 Mei 2016. Jangan lupa ya

Salam KOPI, Demi Film Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: