“Jika manusia meninggal,maka amalnya terputus kecuali tiga perkara (1) sedekah jariyah (2) ilmu yang bermanfaat, dan (3) anak soleh yang berdoa kepadanya” HR Muslim

Siapa yang tidak ingin mengumpulkan pahala sambil berinvestasi? Pasti semua orang mau tapi tidak semua orang mampu. Ya, mau tanpa diiringi oleh aksi tentu hanya retorika belaka. Seyogyanya sebuah jalan mengumpulkan pahala sekaligus investasi memerlukan komitmen yang kuat karena ke depannya pasti ada halangan, baik keuangan maupun niat untuk berwakaf. Karena wakaf sendiri masih termasuk produk yang belum banyak peminatnya. Karena itulah Sun Life Syariah sebagai salah satu perusahaan asuransi terkemuka memperkenalkan produk wakaf mengingat jumlah penduduk Muslim Indonesia yang besar. Penduduk Muslim ini merupakan pasar potensial sekaligus target dakwah dalam mensyiarkan nilai-nilai ekonomi sesuai tuntunan agama.

Berdasarkan Fatwa 106/DSN-MUI/X/2016

  1. Ketentuan Wakaf Manfaat Asuransi :

a. Pihak yang ditunjuk untuk menerima manfaat wakaf asuransi menyatakan janji yang mengikat untuk mewakafkan manfaat asuransi

b. Manfaat asuransi yang paling banyak diwakafkan sebanyak 45% dari total manfaat asuransi

c.  Semua calon penerima manfaat asuransi yang ditunjuk atau penggantinya menyatakan persetujuan dan kesepakatannya ; dan

d. Ikrar wakaf dilaksanakan setelah manfaat asuransi secara prinsip sudah menjadi pihak yang ditunjuk atau penggantinya

2. Ketentuan Wakaf Manfaat Investasi

a. Manfaat investasi boleh diwakafkan oleh peserta asuransi

b. Kadar jumlah manfaat investasi yang boleh diwakafkan paling banyak sepertiga dari total kekayaan  dan/atau tirkah, kecuali disepakatai lain oleh semua ahli waris,

3. Ketentuan Ujrah terkait dengan produk wakaf

a. Ujrah tahun pertama paling banyak 45% dari kontribusi reguler

b. Akumulasi ujrah tahun berikutnya paling banyak 50% dari kontribusi reguler.

Fatwa DSN MUI tentang Wakaf Uang ;  wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai.

a. Uang tidak berkurang, dimana harus dijamin kelestariannya, tidak boleh dijual, dihibahkan atau diwariskan.

b. Manfaat Berlipat, yaitu hasil wakaf bermanfaat untuk peningkatan sarana ibadah, sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

c. Investasi Akhirat, setiap wakaf yang dihibahkan akan selalu membawa pahala meski pemberinya sudah meninggal karena wakaf adalah amalan yang tidak akan pernah terputus

Calon peserta wakaf tentunya ingin memilih produk asuransi syariah Sun Life karena mengandung manfaat dan produk inovatif . Namun ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan calon nasabah sebelum memutuskan pilihan :

  1. Wakaf Manajemen ; sebuah bisnis apalagi berhubungan dengan instrumen keuangan tentu membutuhkan sistem manajemen yang baik dan terkontrol. Manajemen ini meliputi siapa yang menjadi pengurus wakaf, bagaimana sistem kerjanya, berapa persen wakaf harus dikeluarkan, bagaimana prosedur yang harus dilakukan ketika ada klaim. Semua hal yang terkait dengan wakaf, perlu dilindungi pelalsanaannya dengan sistem dan aturan yang berlaku.
  2. Ibadah ; ketika memutuskan untuk mengambil produk asuransi, seorang muslim tidak hanya memikirkan manfaat duniawi saja. Esensi terpenting dari setiap tindakan ekonomi adalah bagaimana caranya agar produk dapat menjadi jalan bertambahnya pintu kebaikan dan pahala. Bagaimana agar produk asuransi tidak hanya hasilnya namun awal terjadinya transaksi itulah yang menjadi cikal bakal jalan menuju surga. Produk wakaf juga tidak hanya bermanfaat untuk peserta saja, namun juga untuk keluarga yang ditinggalkan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Maka daripada itu, Berwakaf #LebihBaik dari Sun Life menjadi salah satu alasan instrumen ini banyak diminati kaum Muslimin.
  3. Kemananan : transaksi keuangan, apalagi yang bernilai fantastis dan melibatkan orang banyak, sangat berisiko di kemudian hari jika tidak dikelola dengan baik. Bagaimana ketika calon nasabah bertanya, bagaimana petugas memberikan penjelasan pada klien, dll. Calon nasabah perlu mengetahui seberapa aman uang dan produk asuransi mereka saat akad jual beli ditandatangani. Sistem keamanan penyimpanan dana menjadi alsan nomor satu dalam pemilihan nazhir.
  4. Sedekah ; Ketika akad ditandatangani, wakaf sudah ditunaikan, tentu nasabah akan lebih nyaman ketika dari sekian persen ada yang disisihkan,pada kaum dhuafa.

*Manfaat asuransi dan manfaat investasi asuransi syariah Sun Life : 

a. Wakaf melalui asuransi syariah : manfaat santunan asuransi (santunan asuransi meninggal dunia mak 45%) dan manfaat investasi 30% . Ketika peserta hidup, dapat mewakafkan dana investasi dan ketika meninggal dapat mewakafkan manfaat asuransi

CARA wakaf melalui asuransi syariah Sun Life : 

  1. Mengisi SPAJ syariah : mencantumkan nama penerima manfaat (ahli waris) dan lembaga wakaf (Nazhir) yang ditunjuk (terdaftar di BWI) serta presentasi jumlah yang akan diwakafkan. Apabila Nazhir tidak terdaftar di BWI, maka namanya tidak dicantumkan, hanya nama ahli warisnya saja.
  2. Mengisi form ikrar wakaf
  3. Form ditandatangani oleh peserta, penerima manfaat dan ahli waris utama
  4. Ikrar wakaf asli dilampirkan dengan SPAJ Syariah dan copy disimpan oleh peserta
  5. Peserta mengisi jumlah yang diwakafkan pada form withdrawl
  6. Mencantumkan Nazhir (mitra Sun Life) yang dituju sebagai penerima wakaf tunai
  7. Sun life mengirimkan dana investasi langsung ke Nazhir mitra Sun Life
  8. Peserta melakukan konfirmasi penerimaan dana wakaf ke Nazhir mitra Sun Life
  9. Nazhir mengirimkan sertifikat wakaf ke peserta.

CARA WAKAF MELALUI ASURANSI SYARIAH SUN LIFE :

  1. sun life melakukan konfirmasi bayar klaim kepada ahli waris
  2. sun life membayarkan klaim kepada ahli waris dan nazhir
  3. ahli waris melakukan konfirmasi penerimaan dana wakaf kepada nazhir
  4. nazhir melakukan konfirmasi dan melakukan ikrar wakaf pada ahli waris
  5. nazhir mengirimkan sertifikat wakaf kepada ahli waris

BENEFIT untuk nasabah :

  1. Peserta meninggalkan warisan untuk ahli waris
  2. Peserta melakukan amal jariyah, baik semasa hidup atau setelah meninggal
  3. Aman karena mitra wakaf terdaftr di pemerintahaan dan dana peserta dikelola secara profesional sesuai dengan hukum yang berlaku
  4. Mudah, karena semua polis asuransi syariah dapat diwakafkan, yaitu manfaat asuransi dan manfaat investasi
  5. peserta dapat memilih salah satu dari 174 badan wakaf yang terdaftar di pemerintah

“Apa bedanya bila saya berwakaf langsung ke lembaga wakaf dengan berwakaf melalui polis asuransi syariah Sun Life?”

Jawaban  : Contoh peserta ingin berwakaf sebesar 1 M. Maka ketika melalui lembaga wakaf langsung, maka peserta wajib menyerahkan dana tunai langsung 1 M. Sedangkan wakaf melalui polis asuransi syariah SLFI Syariah, hanya perlu memiliki polis asuransinya saja, tidak harus mneyerahkan dana tunai 1 M. Selain dapat berwakaf, wakif juga dapat membayar kewajibannya juga seperti hutang dan memastikan bahwa semua anggota keluarganya memperoleh manfaatnya di masa depan.

 

Namun, setiap produk pasti memiliki tantangan dalam realisasinya. Selama ini masyarakat lebih terbiasa mendengar tentang asuransi syariah namun belum paham apa itu wakaf syariah. Banyak masyarakat yang belum teredukasi apa itu wakaf, keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dan manfaat dari wakaf itu sendiri. Inilah yang menjadi fokus Sun Life bagaimana agar lebih banyak edukasi pada masyarakat agar lebih banyak yang tahu tentang wakaf, baik dari sisi dunia maupun akhirat. manfaatnya.

Pengertian Wakaf

Secara etimologi, Wakaf berasal dari kata Arab “Waqf” yang berarti
diam, menahan, berhenti”, artinya wakaf adalah menyimpan harta untuk diwakafkan/berikan pada orang lain untuk digunakan bersama-sama sesuai ajaran agama Islam. Hartbenda wakaf yang bisa diperbolehkan terdiri dari dua jenis, yaitu bergerak dan tidak bergerak. Benda bergerak melipuyi uang, loga mulia, surat berharga, kendaraan, HAKI, dan hak sewa. Sedangkan benda tidak bergerak antara lain : hak atas tanah, bangunan, tanaman dan benda lain yang sesuai dengan UU.

Rukun Wakaf : orang yang berwakaf, benda yang diwakafkan, prang yang menerima manfaat wakaf, dan lafadz/ikrar wakaf.

yarat-syarat Wakaf  : Orang yang berwakaf harus memiliki hak penuh atas benda yang diwakafkan, orang yang beraka/orang bodoh/mabuk, balig, dan orang yang mampu bertindak atas nama hukum.

 

Manfaat Wakaf

Wakaf #LebihBaik dari Sun Life adalah sebuah gagasan baik yang berangkat dari fakta bahwa belum banyak produk asuransi syariah yang memfokuskan diri pada wakaf. Padahal manfaat wakaf sangatlah besar karena bisa menjadi pembuka pintu kebaikan dan jalan kesejahteraan bersama. Contoh : dari manfaat investasi wakaf, nasabah dapat membeli sebuah rumah atau tanah, kemudian diberikan pada warga untuk membangun fasilitas bersama. Nah, fasilitas yang digunakan warga berulang-ulang inilah yang dapat menjadi tabungan pahala Muslim.

Syarat Wakaf ; Wakaf harus dilakukan sesuai dengan tuntunan ajaran agama. Jangan sampai wakaf yang sedianya untuk mendapatkan pahala dan kesejahteraan umum, malah tidak mendapatkan apa-apa karena kesalahan dalam pelaksanaannya. Ada beberapa syarat wakaf yang wajib diketahui ; ada pemberi wakaf, penerima wakaf dan badan wakaf

SUN LIFE INDONESIA

Sun Life Financial mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1995. Dengan visi menjadi salah satu dari 10 perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, Sun Life melalui Berwakaf #LebihBaik ingin membantu masyarakat memfasilitasi agar wakaf lebih mudah dan bisa oleh siapa saja.Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia, Bpk H.M Nadruzzaman Nadratuzzaman Hosen mengatakan bahwa BWI menyambut baik dan mendukung setiap jenis produk wakaf. BWI sendiri hadir di Indonesia dengan tujuan agar harta wakaf dapat dikelola dengan baik demi kesejahteraan rakat bersama. Harta wakaf sebaiknya digunakan untuk kemaslahatan bersama, antara lain operasional masjid, beasiswa, infrastrutur publik, beasiswa, pembangunan jalan dan fasilitas lainnya.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2016 termasuk:

1.    Meraih predikat “Sangat Bagus” untuk produk Unit Link dari Majalah Infobank dalam “Infobank Unit Linked Awards 2016”. Penghargaan ini diberikan kepada Sun Life Financial Indonesia untuk produk unit link berikut: 

  • Salam Balanced Fund untuk kategori Campuran unit link lima tahun
  • Salam Balanced Fund untuk kategori Campuran unit link tiga tahun
  • Brilliance Xtra Progressive untuk kategori Campuran unit link tiga tahun
  • Brilliance Xtra Progressive untuk kategori Campuran unit link satu tahun
  • Maxi Fund 1 untuk kategori Saham unit link satu tahun

2.    ”Excellent Service Experience Award 2016” dari Carre CCSL (Center for Customer Solutions & Loyalty)

3.    Meraih predikat “Excellent” untuk penghargaan Call Centres untuk kategori Industri Asuransi Kesehatan dan Jiwa dari CARRE Center for Customer Satisfaction & Loyalty Company dalam penghargaan “Contact Centre Service Excellent 2016”.

4.    “Bronze Award” dalam ajang bergengsi The 8th A.

Terima kasih untuk Blogger Gathering-nya, Sun Life.

2 thoughts on “Menjemput Bekal Pahala Bersama Wakaf Asuransi Syariah Sun Life”

  1. Wah, mau banget tu mengumpulkan pahala sambil berinvestasi. Oh ya, berkat ulasan Mbak Kiki ini saya jadi lebih paham mengenai asuransi syariah lho, juga mengenai wakaf. Makasi ya. Terus menulis. Semangat terus juga berbagi kebaikan serta ilmu yang bermanfaat melalui tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: