reading3

Bagaimana cara untuk memjadi pintar ? Mungkin anda akan memjawab ” Sekolah atau Kuliah ” , dan jawaban itu memang benar dan jawaban itu pula yang memang sering terlintas dalam pikiran setiap orang. Guru menerangkan pelajaran depan kelas, dan siswa mencatat. Tapi tahukah anda, sekolah atau kuliah anda tidak akan berjalan lancar tanpa kegiatan ” MEMBACA”. Entah iu membaca buku pelajaran, diktat, makalah atau informasi di Internet. Proses mata membaca kata demi kata dan mengirimkan sinyal ke otak agar anda mengerti apa maksudnya membutuhkan kerja yang berat. Syaraf akan bekerja………………….

Orang yang pintar hampir dapat dipastikan suka membaca. Anda akan menemukan berbagai macam informasi yang belum pernah anda dapatkan sebelumnya. Namun, terkadang anda sulit memahami sebuah buku. Oleh sebab itu, sebaiknya anda belajar cara membaca yang pintar.

1.  Bacalah terlebih dahulu bagian – bagian / point /intisari buku yang anda baca. Mulailah dengan membaca resensi buku, biografi penulis, kata pengantar dan daftar isi. Keempat point tersebut bisa memberikan gambaran pada anda mengenai kualitas buku yang akan anda baca.

2.  Ubahlah kebiasaan – kebiasaan buruk dalam membaca seperti, membaca sambil menggerakkan bibir, menunjuk tulisan dan membaca dengan suara keras. semua hal tersbut dapat memboroskan waktu dalam membaca.

3.  Berlatihlah membaca cepat. selain bsia menghemat waktu, membaca cepat juga dapat meningkatkan kecepatan membaca anda. Salah satu caranya adalah dengan mengabaikan kata – kata bantu seperti, di, ke, dari, dan, atau serta yang. Tujuannya dalah agar teks yang anda baca semakin ringkas dan mempersingkat waktu membaca.

4.  Bacalah buku per paragraf secara teratur. Jangan melompat ke paragraft selanjutnya sebelum anda menyelesaikan paragrat yang awal. setelah membaca beberapa halaman, tanyakan beberapa pertanyaan mengenai isi buku tersebut, cari jawabannya. Hal ini bisa merangsang otak anda untuk selalu berfikir kreatif dan kritis.

5.  Temukan ide pokok pada buku yang anda baca. Siapkan catatan kecil untuk mencatat bagian bacan yang perlu diingat.

6.  Konsentrasi waktu membaca buku yang berat. Fokuskan pikiran pada kata – kata yang sulit, cari arti artinya dalam kamus bila perlu. selain memudahkan memahami bacaan, juga akan menambah perbendaharaan kata.

7.  Membaca dimana saja dan kapan saja. Jangan biarkan waktu luang yang ada terbuang percuma tanpa membaca. Selalu sediakan buku dalam tas, jadi bila ada waktu luang saat bepegian atau waktu menunggu seseorang, anda dapat gunakan waktu itu untuk membaca. Wawasan anda makin luas dan anda pun tak bosan menunggu.

Note  : Artikel ini msh hrs ditambah dan dikembangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: