Image

Judul: Queen, Empress, Concubine: 50 Perempuan Penguasa dari Zaman Kuno hingga Masa Modern

Penulis: Claudia Gold

Penerjemah: Ida Rosdalina

Penyelaras Bahasa: Zulkifli Al-Humami

Genre: Sejarah

Cetakan: I, April 2010

Ukuran: 21 x 27 cm

Tebal: 152 halaman

ISBN: 978 602 9193 17 6

SINOPSIS

Di balik dominasi laki-laki dalam sejarah, ternyata ada sejumlah perempuan hebat yang menjadi penguasa, sebagai ratu atau permaisuri, presiden atau perdana menteri. Kaum elit perempuan ini—yang berkuasa melalui suksesi dinasti, pemilu demokratis, atau dengan cara lain—telah mencapai kepemimpinan tertinggi dalam politik. Beberapa di antara mereka bahkan menjadi tokoh sangat berpengaruh dan karismatik dalam sejarah dunia.

50 Perempuan Penguasa melukiskan dengan jelas potret kehidupan 50 perempuan luar biasa yang memegang posisi politik sangat dominan dalam sejarah, dari Ratu Sheba di zaman kuno hingga Perdana Menteri Benazir Bhutto di era modern. Setiap profil tokoh digambarkan dengan jelas dalam konteks dan budaya setempat kala itu, sehingga memungkinkan sang penulis untuk tidak hanya menceritakan kisah hidup tokoh-tokoh perempuan yang penuh keberanian dan ketegasan ini, melainkan juga menyuguhkan informasi memikat perihal sejarah sosial alternatif selama 3.500 tahun terakhir.

Dilengkapi dengan gambar-gambar eksklusif untuk setiap tokoh serta didesain dengan tata letak isi yang bervariasi, buku ini benar-benar indah dan memikat. Dan, jika Anda meragukan kompetensi, keahlian, dan keagungan perempuan dalam kepemimpinan dan kekuasaan, buku ini akan dengan mudah membalikkan pandangan Anda.

DATA PENULIS

Claudia Gold meraih gelar master dalam studi sejarah abad pertengahan. Dia seorang mantan peneliti untuk TV dokumenter. Saat ini, dia menjabat sebagai kepala penelitian di The Maypole, sebuah perusahaan bidang pendidikan sejarah yang memproduksi film-film alat bantu belajar sejarah untuk sekolah dan sejumlah film dokumenter di televisi. Karya-karyanya yang lain yakni The Maypole, a biography of Melusina von Schulenberg, mistress of King George I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: