Setiap orang pasti ingin menjalani hidup yang sempurna seperti dalam dongeng dan kisah cinta yang berakhir bahagia. Namun, kadang kita harus sadar bahwa kita ini manusia, bukan malaikat yang tidak mengenal jatuh dan bangun. Life must go on, bagaimana memaknainya ?

  1. Percaya Tuhan. Setiap orang pasti beragama, namun sudahkah kita menjalankan ajaran agama masing-masing? Ada yang menjawab “sudah”, ” baru setengah” bahkan ada yang menjawab ” belum”.  Ketika kita mendapat rahmat, kita berteriak kegirangan, namun ketika mendapat musibah, kita marah dan menyalahkan siapapun, termasuk Tuhan. Ketika kepercayaan pada Tuhan hanya sebatas bibir, patutkah kita meminta lebih, lebih dan lebih? Apapun yang terjadi dalam hidup sudah ada garis dan ketentuan-Nya, sejak kita masih dalam kandungan. Tuhan itu sayang sama umat-Nya, nggak pernah mau mencelakai kita. Namun, kadang kita yang bandel dan suka ngeyel. Percaya apapun yang terjadi dan menerima dengan ikhlas, sama artinya dengan percaya pada Tuhan.
  2. Hikmah. Walau teori segudang, realita di lapangan sering jauh dari kenyataan. Sudah tahu sejak jaman nenek moyang kalau setiap kejadian pasti ada hikmahnya ehh giliran mendapat musibah, responnya lain. Ada yang marah-marah, nangis bombay, diam bahkan linglung. Memang tidak mudah menerima kejadian yang tidak mengenakkan. Dada sesak, jantung langsung deg-degan, bahkan pada orang yang tingkat emosinya tidak terkontrol bisa melakukan tindakan negatif. Percayalah, tidak mudah tapi memang kita harus mengakui dan menerima dengan hati luas. Perlu waktu yang lama sampai kita bisa memahami mengapa sebuah kejadian menghampiri kita.
  3. To Do List — Setelah kejadian apa yang lantas dilakukan? Bangkit dan berubah. Ambil kertas dan buku, susun apa saja yang mau dilakukan. Bagi menjadi beberapa garis besar, misal : karir, keluarga, pribadi, dan agama. dari garis besar itu pecah menjadi beberapa bagian dan Anda akan menemukan bahwa begitu banyak hal-hal yang bisa kita kerjakan, baik untuk kemajuan diri sendiri maupun orang lain. Bila perlu, buat agenda khusus dan beri judul ” MOVE ON, GREAT”.
  4. Berlarilah —- Perjalanan hidup manusia tidak mulus seperti jalan tol. Kadang kita harus berjalan, merangkak, diam sejenak, dan kemudian berlari. Siapkan tenaga ekstra untuk berlari mengejar impian dan cita-cita. Sibukkan diri dengan sesuatu yang positif dan buang jauh-jauh energi negatif. Percayalah, setiap langkah yang kita jalani akan membuahkan hasil yang baik.

Siap mengejar yang tertinggal dan menjalani hidup lebih baik? 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: